banner 728x250

Dinsos Lamongan Targetkan Program Sembako Juli, Agustus dan September Terbelanjakan di Akhir Juli 2021

  • Bagikan
Kepala Dinas Sosial Pemkab Lamongan, Muhammad Kamil saat menyalurkan program Sembako secara simbolis kepada KPM di wilayah Kecamatan Tikung, Kamis (29/7/2021), Foto : Ari/NowTOOLine)

NowTOOLine, LAMONGAN – Pemerintah Kabupaten Lamongan (Pemkab Lamongan) melalui Dinas Sosial (Dinsos Lamongan) mentargetkan program Sembako bulan Juli, Agustus dan September 2021 sudah dibelanjakan oleh seluruh KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di Kabupaten Lamongan akhir bulan Juli 2021.

Untuk diketahui bahwa, Direktorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah III menghimbau kepada Dinas Sosial Kabupaten/Kota agar menginformasikan kepada seluruh KPM untuk membelanjakan atau melakukan transaksi program Sembako bulan Juli, Agustus dan September di bulan Juli 2021.

banner 468x60

“Target kami, akhir Juli ini sebanyak 71.055 KPM bisa membelanjakan program Sembako selama tiga bulan tersebut sesuai instruksi dari pusat,” ujar Muhammad Kamil saat menyalurkan program Sembako kepada KPM di Kecamatan Tikung, Kamis (29/7/2021).

Kamil mengungkapkan, bersama pendamping bantuan sosial dan dibantu dengan Paguyuban Supplier Komoditas Lamongan mentargetkan penyaluran komoditas paling lambat tanggal 30 Juli 2021. “Jumlah segitu bukanlah sedikit. Jadi kita harus menggandeng supplier agar komiditas bisa sampai di agen-agen yang ditunjuk oleh Bank BNI,” katanya.

Diminggu ini, tutur Kamil, sebanyak 63 ribu KPM telah membelanjakan hak program Sembakonya bulan Juli. Sedangkan hak program Sembako bulan Agustus dan September sesuai instruksi dari Kemensos RI, menurutnya, rencana akan dibelanjakan diakhir Juli ini.

“Memang untuk yang 63 ribu KPM sudah membelanjakan haknya yang bulan Juli. Sisanya akan bareng dengan 8.055 KPM. Jadi totalnya 71.055 KPM kami targetkan akan melakukan transaksi hak program Sembako selama tiga bulan tersebut di akhir Juli 2021,” ucapnya.

Meski saat ini di Lamongan masih di tengah masa pandemi dan pemberlakukan PPKM Level 4, Kamil meyakini, target tersebut akan bisa terlaksana dengan baik.

“Kita berharap program Sembako tiga bulan dari Kementerian Sosial RI ini bisa meringankan beban masyarakat dan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh KPM,” tutur Kamil.

Sementara itu, satu diantara Paguyuban Supplier Komoditas Lamongan, Sholikin mengaku, telah menyiapkan seluruh kebutuhan paket program Sembako sesuai yang ditargetkan Dinas Sosial Lamongan.

“Insya Allah kita sudah siap sesuai yang ditargetkan oleh Dinsos Lamongan. Bahkan kita pastikan paling lambat Jumat (30/7/2021) besok bisa tersalurkan semua untuk paket sembakonya,” kata Sholikin.

Keyakinan bisa mencapai target tersebut, sambung Sholikin, karena jumlah supplier komoditas sebanyak 28 orang yang tersebar di 27 Kecamatan di Kabupaten Lamongan.

“Di hari ini kita sudah ada distribusikan di 5 kecamatan dan sisanya besok. Jadi kita serentak untuk hari ini dan besok untuk menyalurkan komoditas yang diperlukan dalam program Sembako,” ujar Sholikin bersama Dinsos Lamongan mentargetkan pembelanjaan program Sembako  di Kabupaten Lamongan akhir bulan Juli 2021. ()

banner 468x60
  • Bagikan