News  

Tiba di Lamongan, RS Apung Laksamana Malahayati Siap Layani Warga Paciran dan Sekitarnya

Kapal RS Apung Laksamana Malahayati bersandar di ASDP Paciran Lamongan, Jumat (15/9/2023), Foto : Arianda)

NOWTOOLINE, LAMONGAN – RS Apung Laksamana Malahayati telah tiba dan bersandar di Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), Kecamatan Paciran Lamongan, Jawa Timur.

Rumah sakit berupa kapal ini telah diluncurkan Presiden RI yang ke-5 Megawati Soekarnoputri pada 10 Juni 2023. Bersandar di ASDP Paciran, RS Apung Laksamana Malahayati ini akan melaksanakan beberapa kegiatan.

Ketua Tim Medis Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati dr. Januar Sahat menyampaikan, rencananya akan melaksanakan bakti sosial selama 2 (dua) hari kedepan.

“Di hari Sabtu (16/9/2023) besok, kita akan melaksanakan bakti sosial berupa pemeriksaan maupun pengobatan gratis kepada warga Kecamatan Paciran dan sekitarnya,” kata dr. Januar, Jumat (15/9/2023).

Januar menjelaskan, keluhan warga yang akan dilayani rumah sakit apung ini terutama anak-anak yang menderita batuk, pilek, mual, muntah dan mencret.

“Selain itu juga orang tua yang kebanyakan mengeluhkan pegal-pegal, asam urat, kolesterol, diabetes, kesemutan dan keluhan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, Januar mengemukakan, di hari kedua pihaknya akan menerima warga sekitar untuk melakukan tour wisata kapal. “Di hari minggu, rencananya akan ada warga sekitar yang datang untuk melakukan wisata,” ucapnya.

Januar menyampaikan, kapal RS Apung Laksamana Malahayati telah melakukan perjalanan ke berbagai kota di Indonesia. Perjalanan dimulai dari Tanjung Priok Jakarta.

“Kalau menurut hitungan saya sudah ke sembilan kalinya termasuk di Lamongan. Namun kalau di Lamongan itu justru pertama di wilayah Jatim,” tuturnya.

Sementara itu, Jr. Fleet Superitendent RS Apung Laksamana Malahayati Rivan Insanul Akbar menuturkan, kapal tersebut memiliki lebar sembilan meter dan panjang sekitar 30 meter.

“Meski demikian, kapal ini memiliki fasilitas ruang masak, perawatan dan pengobatan. Dan kapal ini fleksibel saat berlayar untuk menjangkau daerah-daerah perairan terpencil,” ujar Kapten Rivan.

Dikesempatan yang sama, Staff Dinas Perhubungan Jawa Timur UPT Pelabuhan Pengumban Regional (PPR) Lamongan, Sabit menyampaikan bahwa kapal RS Apung Laksamana Malahayati tiba di perairan Lamongan hari Kamis (14/9/2023) malam. “Namun bisa bersandar secara mulus baru pukul 15.30 WIB tadi, karena terhalang masalah ombak,” ucap Sabit.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif