banner 728x250

Pandanan Cup 2021, Pesilat IKSPI Kera Sakti Bisa Salurkan Bakat

  • Bagikan
Juri yang bersertifikat IPSI Lamongan saat menilai video kiriman para pesilat IKSPI Kera Sakti yang mengikuti Pandanan Cup 2021, (Foto : Panitia Pandanan Cup 2021 for nowtooline)

LAMONGAN – IKSPI Kera Sakti Sub Ranting Pandanan memiliki ide yang terbilang kreatif dalam menggelar event kejuaraan seni. Pasalnya, kejuaraan bertajuk Pandanan Cup 2021 tersebut diharapkan bisa menunjukkan eksistensi dan menyalurkan bakat para pesilat yang diselenggarakan secara virtual.

Selain hal yang baru dalam naungan perguruan pencak silat IKSPI Kera Sakti khususnya Kabupaten Lamongan, event ini diselenggarakan untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai himbauan pemerintah dengan menghindari kerumunan.

banner 468x60

“Ya, dalam masa pandemi ini kita dituntut untuk kreatif. Untuk itulah event ini kami gelar. Perguruan juga sedang vakum kejuaraan, karena hampir 2 tahun ini pandemi melanda Indonesia termasuk Lamongan,” ujar Ketua Pelaksana Pandanan Cup 2021 Zainal Hamdan, Minggu (10/10/2021).

Zainal berharap, Pandanan Cup 2021 bisa mendobrak semangat untuk mengadakan event-event kejuaraan memiliki tujuan untuk memajukan perguruan silat (IKSPI Kera Sakti).

“Event ini diikuti kurang lebih 170 atlet dan 40 kontingen dari beberapa daerah yang ada di Indonesia. Di masa pandemi seperti ini justru sangat memudahkan para atlet untuk unjuk kemampuan di bidang seni,” katanya.

Dijelaskan Zainal, event kejuaraan seni yang diselenggarakan hanya sehari ini  sangat simpel dan tidak serumit kejuaraan secara langsung. Karena, menurutnya, dari pihak atlet hanya mengirimkan video kepada panitia penyelenggara.

“Tentunya video yang dikirimkan sesuai persyaratan yang telah di tentukan di dalam juknis kejuaraan Pandanan Cup 2021. Video tersebut dinilai oleh 3 wasit juri yang bersertifikat IPSI Lamongan melalui sarana laptop, proyektor dan pengeras suara (sound system),” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus IKSPI Kera Sakti Sub Ranting Pandanan Imam Rozali menilai, event kejuaraan ini memberikan kesempatan bagi bibit-bibit muda dari perguruan IKSPI Kera Sakti untuk mencari pengalaman dan menunjukkan eksistensi.

“Sebenarnya IKSPI Kera Sakti memiliki atlet-atlet berbakat yang mungkin masih kesusahan dalam menyalurkan bakat-bakat dan kemampuan mereka. Untuk itulah Pandanan Cup 2021 ini diselenggarakan,” tutur Imam, Ketua Pengurus IKSPI Kera Sakti Sub Ranting Pandanan.

banner 468x60
Penulis: Aksara KalijagaEditor: P Bayu S
  • Bagikan