banner 728x250

Siapkan Isoter hingga Tingkat Kecamatan, Ini yang Tujuan Pemkab Lamongan

  • Bagikan
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat meninjau persiapan Gedung Korpri sebagai isolasi terpusat (isoter) tingkat kabupaten, Senin (26/7/2021), Foto : Prokopim / NowTOOLine)

NowTOOLine, LAMONGAN – Pemerintah Kabupaten Lamongan (Pemkab Lamongan) tengah mempersiapkan isolasi terpusat (isoter) mulai di tingkat kabupaten hingga kecamatan.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan, penyiapan isoter tersebut agar lebih mempermudah pengawasan dan pemantauan pasien yang sedang isolasi mandiri.

banner 468x60

“Ini sesuai dengan petunjuk dari Presiden RI Jokowi, bahwa Gedung Korpri ini untuk persiapan Isoter. Kita juga membuat isoter di seluruh kecamatan. Untuk di gedung ini kita siapkan 10 ruangan dengan 40 tempat tidur,” ucap Pak Yes sapaan Yuhronur Efendi saat meninjau isoter di Gedung Korpri Lamongan, Senin (26/7/2021).

Selain itu, Pak Yes mengungkapkan, isoter diperuntukkan bagi warga terpapar positif Covid-19 yang memiliki gejala ringan atau tidak memerlukan tindakan medis. Ia juga membuat inovasi bagi warga yang isolasi mandiri dengan membuat grup ICL (Isman Center Lamongan).

“Kita buatkan group WA (Whatsapp) Isoman (isolasi mandiri) disetiap kecamatan. Dimana didalam group itu ada Satgas Kecamatan dokter dan  konsultasi kesehatan secara online,” katanya.

Pak Yes memastikan, sebanyak 1.798 warga Kabupaten Lamongan yang tengah menjalani isolasi mandiri telah mendapatkan bantuan paket sembako. “Sudah kita cek ke Camat sampai Kepala Desa semua telah mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Ia menyatakan, regulator oksigen maupun oksigen medis di Lamongan teratasi dengan baik. “Ini semua berkat kerjasama TNI-Polri. Begitu juga vitamin dan obat-obatan juga sudah didropping bagi yang isoman,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana menyampaikan, persiapan isoter di Gedung Korpri dimaksudkan agar bisa memantau warga yang menjalani isolasi bisa lebih teratur dan terfokus. “Kalau terpusat begini akan lebih mudah pemantauan dan pengawasannya,” ujar Miko.

Bagi warga isoman, ungkap Miko, dipastikan semua sudah terdata dan sudah mendapatkan bantuan. Namun, menurutnya, tidak termasuk yang terdata di BST atau bantuan PKH.

“Tadi kami sudah melakukan pengecekan kepada kades, camat, Danramil, dan Kapolsek menyampaikan seluruh bantuan sudah sampai pada sasaran,” ucap Kapolres Lamongan yang turut mempersiapkan isolasi terpusat (isoter).

banner 468x60
  • Bagikan