Ini Alasan Cuci Motor Saat Kondisi Mesin Panas Harus Dihindari

Sepeda Motor yang dicuci saat kondisi panas. (Foto : Ilustrasi)

NOWTOOLINE – Ada hal yang wajib jadi perhatian, baik itu mencuci sendiri atau diserahkan pada orang lain. Sebab, tanpa kita sadari yang paling sering dilakukan adalah kebiasaan langsung membilas sepeda motor setiba di tempat cuci motor. Sepeda motor yang kondisi mesinnya masih sangat panas disarankan tidak langsung dicuci. Proses menyiram air diimbau dilakukan usai suhu mesin turun.

Melansir dari laman Suzuki Indonesia, Rabu (07/07/2021), kebiasaan itu punya efek buruk untuk sepeda motor. Bagian logam pada komponen motor yang masih panas, jika bersentuhan langsung dengan air dingin ketika dicuci adalah hal yang bertentangan.

Saat besi panas langsung terkena air dingin, akan terjadi perubahan suhu yang drastis. Kalau hal itu dilakukan terus menerus dalam jangka panjang, berisiko negatif. Salah satunya adalah blok mesin motor retak. Efek buruk lainnya adalah leher pipa knalpot yang berlapis krom bisa berubah warna jadi agak kekuningan.

Menurut Wahana Makmur Sejati (WMS), salah satu jaringan dealer Honda, menjelaskan ada beberapa alasan mengapa motor dengan mesin panas tak boleh langsung dicuci.

  1. Mencegah thermal shock

Alasan utama menunggu mesin dingin lebih dulu sebelum dicuci yakni untuk menghindari thermal shock.

Perubahan suhu drastis secara tiba-tiba dari panas ke dingin dapat membuat material mengalami penyusutan.

Thermal shock dapat membuat komponen-komponen tertentu rusak dan membuat usia pakainya berkurang.

  1. Menghindari uap

Alasan lainnya menghindari cuci motor saat mesin panas yaitu mencegah munculnya uap. Uap bisa menimbulkan embun pada lampu motor maupun spidometer, dampak lainnya dapat membuat bercak di bodi.

Uap atau embun yang menempel pada bagian lampu bisa mengganggu pencahayaan atau menghalangi indikator di spidometer menjadi buram.

  1. Waktu yang tepat cuci motor

Mencuci motor disarankan setelah suhu mesin tidak terlalu panas. Tipsnya bisa menunggu 20-30 menit setelah motor digunakan sebelum mulai pencucian. Karena itulah disarankan, saat kondisi suhu mesin masih panas, beri jeda waktu 5 sampai 10 menit sebelum dicuci. Ini akan membantu mengurangi risiko terjadi kerusakan yang tidak kita inginkan. ()

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif