banner 728x250

Kepala Desa Pajangan Lamongan Sulap Bengkok Jadi Wisata Bumi Ganjaran

  • Bagikan
Wisata Bumi Ganjaran Desa Pajangan, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Senin (05/07/2021)

NOWTOOLINE, LAMONGAN – Meski di masa pandemi Covid-19, pengembangan Desa Wisata kian gencar dilakukan sejumlah daerah di Indonesia termasuk Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, tepatnya di Desa Pajangan, Kecamatan Sukodadi. Ganjaran atau bengkok Kepala Desa (Kades) Pajangan seluas 2,5 Hektar disulap menjadi wisata desa yang menarik yang dinamai Wisata Bumi Ganjaran.

Kades Pajangan Ahmad Baidlowi mengungkapkan, dirinya memanfaatkan ganjaran atau bengkok yang terletak di tengah persawahan untuk dijadikan wisata desa atas inisiatifnya bersama warga desanya. Aba Wi sapaan akrab Ahmad Baidlowi mengakui, wisata tersebut masih dalam proses pengembangan.

banner 468x60

“Ganjaranya Kades Pajangan itu seluas 4 hektar, yang 2,5 hektar saya jadikan wisata. Karena dari ganjaran, makanya wisata ini saya namai Wisata Bumi Ganjaran. Tapi saat ini belum resmi dibuka karena masih pandemi. Apalagi saat ini pemerintah telah memberlakukan PPKM Darurat,” ujar Ahmad Baidlowi, Senin (05/07/2021).

Aba Wi menyampaikan, ada beberapa fasilitas yang nantinya bisa nikmati oleh wisatawan lokal yakni, gazebo dan perahu.  Tak hanya itu, jelas Aba Wi, kenapa wisata ini bisa menjadi alternatif baru untuk warga lamongan dan sekitarnya karena kolamnya telah dipelihara beberapa jenis ikan.

“Kolamnya juga kami isi beberapa jenis ikan tombro (emas), bandeng dan lele. Praktisnya, bisa jadi wisata pemancingan. Gubuk-gubukan (gazebo) juga ada, perahunya berjumlah 20 buah yang bisa dinikmati para wisatawan,” ujarnya.

Abi Wi menjelaskan, akses jalan masuk ke Wisata Bumi Ganjaran tersebut hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua karena lokasinya ditengah-tengah persawahan.

“Kalaupun nanti wisatawan yang membawa mobil harus jalan kaki sejauh 300 meter. Makanya, kedepan rencana kita juga akan menyediakan ojek agar bisa memulihkan ekonomi warga sekitar,” ucapnya.

Tak hanya itu saja, ungkap Aba Wi, pihaknya juga berencana akan menggeliatkan ekonomi khususnya di Desa Pajangan dengan memanfaatkan UMKM yang dimiliki oleh warga.

“Disini juga ada minuman tradisional (jamu), mungkin nanti bisa dipasarkan di sekitar lokasi Wisata Bumi Ganjaran. Jadi hal ini kan sedikit banyak akan meringankan tugas dari Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk pemulihan ekonomi,” tutur Kades Pajangan Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan. ()

banner 468x60
  • Bagikan