banner 728x250

PPKM Level 4 Diperpanjang, Pemerintah Dorong Percepatan Penyaluran Bansos

  • Bagikan
Presiden Jokowi saat mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4 melalui telekonferensi pers di Jakarta, Senin (2/8/2021), Foto : Screenshot Youtube Sekretariat Presiden/NowTOOLine)

NowTOOLine, JAKARTA – Pemerintah akan tetap mendorong percepatan proses penyaluran bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat selama menjalani perpanjangan PPKM Level 4

“Guna mengurangi beban masyarakat akibat pembatasan mobilitas dan aktivitas sosial-ekonomi,” ujar Presiden Joko Widodo saat mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4 melalui telekonferensi pers, Senin (2/8/2021).

banner 468x60

Jokowi mengaku, ada beberapa bansos yang digelontorkan oleh pemerintah dalam mengatasi pandemi ini, antara lain Bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan untuk usaha mikro dan kecil, PKL, dan warung.

“Juga Bantuan Subsidi Upah (BSU) serta Banpres usaha produktif usaha mikro,” katanya.

Terkait PPKM Level 4 yang dilanjutkan hingga 9 Agustus 2021, Jokowi mengatakan, saat ini masyarakat dan pemerintah tengah dihadapkan oleh pilihan yang sama.

“Antara menghadapi ancaman keselamatan jiwa akibat Covid-19 dan menghadapi ancaman ekonomi,” ucapnya.

Menurutnya, ancaman ekonomi yang nyata yakni kehilangan mata pencaharian dan pekerjaan.

“Untuk itu, gas dan rem harus dilakukan secara dinamis sesuai dengan penyebaran Covid-19 di hari-hari terakhir,” tuturnya.

Jokowi menjelaskan, pemerintah tidak bisa membuat kebijakan yang sama dalam durasi yang panjang.

“Kita harus menentukan derajat mobilitas masyarakat sesuai dengan data di hari-hari terakhir, agar pilihan kita tepat dan baik untuk perekonomian,” ucap Presiden Jokowi seraya menegaskan untuk mengurangi beban masyarat pemerintah mendorong percepatan penyaluran bansos. ()

banner 468x60
  • Bagikan