banner 728x250

Warga di Lamongan Peduli Situasi Pandemi Covid-19

  • Bagikan
Warga Desa Deketwetan, Kecamatan Deket, Lamongan yang memberikan kepedulian dengan memberikan kebutuhan sehari-hari bagi warga yang menjalani isoman, (Foto : Dokumen for NowTOOLine)

NOWTOOLINE, LAMONGAN – Di balik musibah pandemi Covid- 19, muncul sikap empati di antara warga. Mereka yang sehat memberikan kepedulian tanpa batas kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terkonfirmasi positif Covid-19. Seperti yang dilakukan oleh warga Desa Deketwetan, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Kepala Desa (Kades) Deketwetan, Kusbianto S Putro menyebutkan, terdapat 34 Kepala Keluarga dari 6 Rukun Warga (RW) atau kurang lebih 50 orang yang sedang menjalani isoman mendapatkan pasokan kebutuhan sehari-hari dari warga yang sehat.

banner 468x60

“Jadi di desa kami, ada beberapa titik di 6 RW sebagai tempat memberikan seikhlasnya keperluan sehari-hari berupa sembako, sayur-sayuran, telur, lauk-pauk dan buah-buahan bagi warga yang menjalani isoman. Saat ini masih berjalan setiap minggu sekali,” ujar Kusbianto S Putro, Senin (19/07/2021).

Gatot sapaan Kusbianto S Putro mengatakan, kepedulian bagi warga yang menjalani isoman ini diserahkan kepada setiap RT (rukun tetangga), apakah setiap minggu atau setiap hari.

“Ya, kalau yang kemarin kita sampaikan itu setiap hari minggu untuk memberikan seikhlasnya. Kalaupun ada yang setiap hari malah bagus,” ucapnya.

Memang saat ini, ungkap Gatot, hanya sebatas kebutuhan sehar-hari. Ia berharap, tidak hanya memberikan kebutuhan sembako tapi juga penunjang nutrisi dan vitamin.

“Satu KK kami sarankan untuk mengambil kebutuhan sehari-hari yang diberikan warga yang sehat tersebut seperlunya saja. Sedangkan kalau nutrisi dan vitamin saat ini sudah kami carikan, tapi banyak yang kosong,” akunya.

Ia menuturkan, program “Beri Seikhlasnya dan Ambil Seperlunya” ini merupakan kepedulian pada situasi sulit dan kearifan lokal yang seharusnya terus dilanjutkan dan dipertahankan meski nantinya kondisi pandemi selesai.

“Ini bagus, harus kita lanjutkan. Yang pada intinya untuk memberikan pembelajaran agar kita selalu peduli kepada warga yang kurang mampu,” kata Gatot seraya menghimbau kepada warga Desa Deketwetan yang menjalani isoman untuk tetap menjaga kesehatan dan selalu berfikir positif.

Senada yang disampaikan Kades Deketwetan, Ketua TP PKK Kabupaten Lamongan Anis Kartika Yuhronur Efendi mengatakan, program “Beri Seikhlasnya dan Ambil Seperlunya”, sebenarnya bukan hanya diperuntukkan bagi warga yang isoman tapi juga mereka kurang mampu akibat dampak pandemi Covid-19.

“Ini program dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Dimana mereka yang mampu memberikan seiklasnya berupa bahan makanan, lauk, sayur, buah dan lain-lain, kepada yang kurang mampu atau isoman. Bisa diambil sebagian, diantar atau diletakkan di pagar rumah mereka yang menjalani isoman,” ucap Anis Kartika Yuhronur Efendi.

Anis sapaan Anis Kartika Yuhronur Efendi berharap, kepedulian tersebut bisa terus berlangsung bukan hanya saat di masa pandemi Covid-19 berlangsung tapi juga sebagai upaya untuk mengatasi angka kesenjangan sosial.

“Kami ingin semua warga Lamongan siapapun itu jangan sampai ada yang kelaparan. Dengan sedikit bantuan diberikan, akan terasa banyak bagi mereka. Terkait kegiatan tersebut, kami sudah meluncurkan surat edaran ke ibu-ibu Camat  untuk bisa diteruskan ke ibu-ibu Kades dan diteruskan ke ibu-ibu RT,” ujar Anis menanggapi kepedulian tanpa batas warga Desa Deketwetan bagi warga yang sedang menjalani isoman karena terpapar Covid-19. (*)

banner 468x60
  • Bagikan