Akibat Diguyur Hujan 2 Jam, Desa di Lamongan Dilanda Banjir Bandang

  • Bagikan
Banjir bandang di Dusun Bujel, Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, (Foto : Capture video amatir warga for nowtooline)

NOWTOOLINE, LAMONGAN – Hujan deras sekitar dua jam yang mengguyur wilayah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur mengakibatkan banjir bandang di Dusun Bujel, Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang.

Beruntung banjir yang berlangsung selama 1 jam di salah satu dusun sebelah timur kantor Kecamatan Ngimbang itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

“Banjir bandang yang di Dusun Bujel berlangsung sekitar 1 jam. Sekarang sudah surut,” ujar Camat Ngimbang Bakti Aprianto, Kamis (4/11/2021).

Meski tak ada korban jiwa, Bakti mengungkapkan, salah satu warung kebetulan bangunannya berada di dekat sungai terkena arus air.

“Ada satu warung yang rusak karena kena arus yang deras. Karena kebetulan bangunannya di bantaran sungai,” katanya.

Bakti mengatakan, banjir sempat merendam sejumlah jalan desa dan sejumlah fasilitas umum desa setempat sehingga menganggu aktivitas warga. Saat ini, menurut Bakti, warga tinggal bersih-bersih rumah sisa banjir bandang.

 

“Alhamdulillah, kondisi sekarang sudah normal dan air sudah berangsur surut. Dari BPBD Lamongan dan TNI – Polri juga turun ke lokasi untuk membantu membersikan fasilitas umum di dusun itu,” ucap Bakti.

Selain Dusun Bujel, Desa Sendangrejo Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, banjir juga melanda Dusun Tlapak, Desa Kalitengah di Kecamatan Sugio karena berdekatan dengan Sungai Kali Lamong.

Secara terpisah, Camat Sugio SudjirmanSholeh membenarkan, salah satu desa di Kecamatan Sugio terdampak banjir karena kiriman air dari wilayah Kecamatan Sambeng dan Kecamatan Ngimbang.

“Iya, banjir juga menimpah di wilayah Kecamatan Sugio. Tapi hanya di Dusun Tlapak, Desa Kalitengah yang memang biasanya langganan banjir. Tapi biasanya nggak sampai 2 jam udah surut,” kata Sudjirman.

Sudjirman menyebutkan, banjir akibat kiriman air tersebut bisa cepat surut karena langsung mengalir dan bermuara di aliran sungai Waduk Gondang Kecamatan Sugio.

“Terkait banjir itu, kita sudah berkoordinasi dengan pihak TNI – Polri dan BPBD Lamongan untuk mengantisipasi seandainya ada banjir susulan,” ujar Sudjirman, Camat Sugio Lamongan saat dikonfirmasi terkait banjir bandang yang menimpah wilayahnya.

  • Bagikan