Daerah  

Brigadir Kemanusiaan Tuban Santuni Para Dhuafa, Disabilitas dan Anak Yatim

Atmo, Brigadir Kemanusiaan Tuban saat membagikan minyak goreng gratis kepada kaum dhuafa warga Kabupaten Tuban, (Foto : Aksara Kalijaga for nowtooline)

NOWTOOLINE, TUBAN – Belasan relawan sosial yang tergabung dalam komunitas Brigadir Kemanusiaan Tuban, Jawa Timur, menggelar acara bakti sosial kepada ratusan anak yatim piatu dan orang cacat fisik serta lansia miskin.

Acara bakti sosial bekerjasama dengan paguyuban agen penyalur bantuan sosial pemerintah, Polsek Widang, Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban.

Para Relawan Brigadir Kemanusiaan tersebut berkeliling ke rumah warga miskin yang berusia lanjut, dan para anak yatim serta penderita cacat fisik (disabilitas) di setiap desa yang ada di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban.

Pendiri komunitas relawan sosial Brigade Kemanusiaan Tuban, Atmo mengatakan aksi sosial ini merupakan cara memanusiakan manusia dalam bentuk kepedulian kepada sesama.

Para relawan Brigadir Kemanusiaan Tuban terpanggil rasa kepeduliannya untuk berbagi kepada mereka yang selama ini membutuhkan uluran tangan dari sesama.

Aksi kepedulian ini diwujudkan dengan cara menyantuni anak yatim, para penyandang disabilitas, serta berbagi kebahagiaan kepada para warga yang sangat membutuhkan.

“Ada ratusan bingkisan telah disediakan ini nantinya dibagikan kepada anak yatim, penyandang disabilitas, dan lansia miskin di setiap desa,” kata Atmo, Rabu (2/2/2022).

Adapun bingkisan yang dibagikan kepada warga dan ratusan anak yatim tersebut berupa minyak goreng 1 liter, beras 10 kilo gram, susu kaleng dan uang tunai.

“Kebetulan minyak goreng yang harganya terjangkau saat ini agak sulit didapat oleh warga,” ungkapnya.

Dia berharap bantuan dari Relawan Brigadir Kemanusiaan Tuban tersebut dapat membantu meringankan beban warga di tengah situasi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

“Mungkin nilainya tidak seberapa, tetapi tujuan kita adalah belajar berbuat baik dan membantu sesama,” ujarnya

Menurutnya, seringkali aksi kepedulian sosial terjadi hanya pada saat moment ada kepentingan tertentu untuk memperoleh simpati masyarakat.

Karenanya, Relawan Brigadir Kemanusiaan Tuban sejak 2018 lalu secara rutin melakukan aksi kepedulian sosial membantu sesama, menyantuni anak yatim, penyandang disabilitas dan para lansia yang kurang mampu.

“Sebetulnya kegiatan sosial ini rutin dilakukan setiap bulannya dengan sasaran mereka yang membutuhkan,” tuturnya.

Camat Widang, Soesilo menanggapi aksi sosial para Relawan Brigade Kemanusiaan Tuban merupakan aksi yang baik peduli kepada warga yang kurang mampu dan membutuhkan.

Soesilo yang ikut hadir menyerahkan bingkisan kepada anak yatim dan penyandang disabilitas berharap aksi sosial dapat memberikan inspirasi bagi relawan sosial di kecamatan lain.

“Aksi sosial ini bisa menjadi contoh di kecamatan lain dan tentunya dapat membantu mengatasi kemiskinan di Kabupaten Tuban,” kata Soesilo terkait santunan yang dilakukan Brigadir Kemanusiaan Tuban kepada para kaum dhuafa, disabilitas dan anak Yatim.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif