Sinergitas Apkesla Dukung Program Lamongan Sehat

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat memasang PIN kepada Ketua Apkesla dr Budi Himawan usai deklarasi di Aula Gajah Mada lantai 7 Gedung Pemkab Lamongabn, Sabtu (20/1/2024), Foto : Arianda)

NOWTOOLINE, LAMONGAN – Asosiasi Organisasi Profesi Kesehatan Lamongan (Apkesla) mendeklarasikan diri sebagai wadah sinergitas organisasi profesi kesehatan di Kabupaten Lamongan.

Deklarasi 14 organisasi profesi kesehatan di Kabupaten Lamongan ini dilakukan sebagai bentuk sikap organisasi profesi kesehatan atas berlakunya UU Nomor 17 Tahun 2023.

Tak hanya itu, Apkesla yang merupakan perhimpunan dari organisasi kesehatan profesi kesehatan ini juga menyatakan siap mendukung program Pemkab Lamongan khususnya Lamongan Sehat.

Hal ini disampaikan Ketua Apkesla, dr Budi Himawan usai mendeklarasikan perhimpunannya di Aula Gajah Mada lantai 7 Gedung Pemkab Lamongabn, Sabtu (20/1/2024).

“Kami juga ingin saling berbagi dan saling menguatkan menjadi perhimpunan tunggal dari masing-masing profesi. Sehingga kedepan pengawalan etik, disiplin, hukum dan sebagainya akan bermuara pada pelayanan masyarakat bisa lebih baik,” ucap dr.Budi.

Bersinerginya organisasi profesi kesehatan di Lamongan ini, dr.Budi mengemukakan, bertujuan untuk full support dan mendukung program kesehatan yang ada di Pemerintah Kabupaten Lamongan.

“Karena dengan bersama-sama segala masalah akan mudah kita capai. Yang paling penting kita siap mendukung program Pemkab Lamongan khususnya Lamongan Sehat,” katanya.

Deklarasi Apkesla ini, dr. Budi menegaskan, merupakan bagian dari sikap organisasi profesi kesehatan di Lamongan atas berlakunya UU nomor 17 Tahun 2023.

“Ya, sudah tentu ini bagian dari sikap kita atas berlakunya undang-undang tersebut. Jadi kami ingin eksistensi organisasi profesi kesehatan tetap ada tanpa melanggar undang-undang yang berlaku,” ujarnya.

Budi menambahkan, selama ini dokter, perawat dan bidan itu tidak mau tahu perpolitikan yang ada. Sekarang, dirinya mulai tahu kehidupan organisasi profesi kesehatan diatur oleh politik.

“Oleh karena itu melalui Apkesla harus ikut berpolitik. Tapi tentunya politik yang sesuai dengan tujuan utama kita yakni meningkatkan pelayanan bermutu kepada masyarakat,” kata dr. Budi.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi menyambut baik deklarasi Apkesla. Dia mengatakan bahwa Apkesla akan menjadi mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten Lamongan yang sehat.

“Eksistensi organisasi profesi kesehatan sangat penting dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan adanya Apkesla, kita bisa bekerja sama lebih baik dalam mewujudkan program Lamongan Sehat,” kata Pak Yes.

Senada dengan yang disampaikan Pak Yes, PLt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan dr Muhammad Chaidir Annas, juga menyambut baik deklarasi Apkesla. Dia mengatakan bahwa Apkesla akan menjadi mitra strategis pemerintah dalam mengawal regulasi turunan dari UU Nomor 17 Tahun 2023.

“Kedepan, kami akan melibatkan Apkesla dalam mengawal regulasi turunan dari UU 17 tahun 2023. Sehingga pelaksanaan dari perijinan tenaga kesehatan atau bidang kesehatan yang ada bisa tertata rapi dan baik sesuai dengan peran masing-masing. Serta diharapkan bisa selalu mendukung program Lamongan Sehat,” ucap dr. Annas.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
Penulis: AriandaEditor: P Bayu S