banner 728x250

1.320 Dosis Vaksin Datang, Pemkab Lamongan Tak Terkendala Capai Herd Immunity

  • Bagikan
Kepala Instalasi Farmasi Dinkes Lamongan, Niken Wulandari Instalasi Farmasi Dinkes Lamongan, Niken Wulandari menunjukkan vaksin sinovac dari pemerintah pusat dan bantuan IKA Unair Pusat, Kamis (5/8/2021), Foto : Yoyok Eko P/NOWTooLine)

NOWTOOLINE, LAMONGAN – Upaya Pemerintah Kabupaten Lamongan (Pemkab Lamongan) dalam mencapai target herd immunity tak lagi terkendala dengan stok ketersediaan vaskin. Pasalnya, Lamongan kembali menerima pendistribusian vaksin sinovac sebanyak 1.320 dosis.

“Ya, barusan datang 1.320 dosis. Dengan perincian 5000 dosis untuk vaksinasi tahap pertama di wilayah pantura. Sedangkan, yang 8.200 dosis untuk ketersediaan vaksinasi tahap kedua secara keseluruhan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Lamongan (Dinkes Lamongan) dr. Taufik Hidayat, Kamis (5/8/2021).

banner 468x60

Sementara itu, Kepala Instalasi Farmasi Dinkes Lamongan, Niken Wulandari membenarkan bahwa pihaknya telah menerima pendistribusian vaksin sinovac dari Dinkes Provinsi Jawa Timur sebanyak 1.320 dosis.

“Memang benar, hari ini datang vaksin sinovac dari bantuan IKA Unair Pusat sebanyak 5000 dosis dan dari pemerintah pusat 8.200 dosis,” kata Niken.

Niken menjelaskan, untuk 8.200 dosis untuk ketersediaan vaksin tahap kedua bagi masyarakat umum di Lamongan yang seharusnya jatuh pada akhir bulan Juli kemarin. Sedangkan sisanya, ia mengungkapkan, untuk kegiatan IKA Unair Pusat dalam rangka membantu Pemkab Lamongan untuk mempercepat target herd immunity.

“Vaksin dari IKA Unair itu diperuntukkan bagi warga pondok pesantren (ponpes) di wilayah pantura Lamongan,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua IKA Unair Kabupaten Lamongan Kartika Hidayati menuturkan bahwa pendistribusian vaksin sebanyak 10.000 dosis merupakan bakti sosialnya IKA Unair Pusat kepada masyarakat Jawa Timur dan salah satunya Kabupaten Lamongan.

“Ditahap awal ini 5000 dosis, kita peruntukkan bagi warga pondok pesantren dan kampung di wilayah pantura,” kata Kartika Hidayati.

Kartika merincikan, untuk ponpes wilayah Brondong 1.500 dosis, Ponpes Kranji Paciran 1500 dosis, 1.500 dosis lagi untuk Ponpes Al-Islah dan Ponpes Masroatul Ulum. “Sedangkan untuk sisanya untuk Ponpes Kiai Imron yang ada di wilayah Maduran,” tuturnya.

Kartika menambahkan, pihaknya akan mendistribusikan 5000 dosis sisanya yang dihadiri jajaran Forkopimda Lamongan. “Sabtu (7/8/2021) besok, sisa vaksin akan kita distribusikan. Jadi bantuan dari IKA Unair Pusat ini untuk berbakti pemerintah khususnya Pemkab Lamongan dalam mencapai target kekebalan kelompok (herd immunity),” ujar Kartika. ()

banner 468x60
  • Bagikan