banner 728x250

Banteng Lamongan Bentuk Posko Pencegahan Covid-19 di 27 Kecamatan

  • Bagikan
Salah satu Posko Pencegahan Covid-19 di Kecamatan Tikung yang dibentuk oleh DPC PDI Perjuangan Lamongan, Kamis (12/8/2021), Foto : Awani/NOWTooline )

NOWTOOLINE, LAMONGAN – DPC PDI Perjuangan Lamongan membentuk Posko Pencegahan Covid-19 di 27 kecamatan se-Kabupaten Lamongan. Ini dilakukan sebagai upaya membantu penanganan virus corona di Kota Soto.

Selain itu, kepedulian partai berlambang banteng ini dilakukan untuk memberikan pendampingan dan bantuan ke warga yang menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.

banner 468x60

Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan Sa’im mengatakan, pembentukan posko ini merupakan kontribusi partainya terhadap situasi pandemi Covid-19 dan menjalani penerapan PPKM yang saat ini diberlakukan pemerintah.

“Ada 27 posko di seluruh Lamongan. Tujuannya untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat secara kesehatan, psikologis dan ekonomi. Ini juga sebagai antisipasi, karena vaksinasi di Lamongan belum mencapai 100 persen ,” kata Sa’im kepada wartawan, Kamis (12/8/2021).

Pembentukan posko tersebut, Sa’im mengaku, tekah melibatkan 3 pilar partai yakni, struktural partai dari DPC hingga anak ranting, legislatif partai dari DPR RI hingga DPRD Kabupaten. Menurutnya, pembentukan posko ini bentuk kepedulian partai dan gerakan kemanusiaan dari PDIP untuk rakyat khususnya menghadapi COVID-19.

“Program utamanya pendampingan ke pasien positif yang menjalani perawatan di Rumah Sakit dan atau isolasi mandiri (isoman). Kita juga mendata masyarakat yang terpapar dan distribusi bantuan harus dikawal. Bagi isoman juga perlu didampingi ketika di masa perpanjangan PPKM yang masih level 4,” ujarnya.

Seperti halnya posko yang ada di Kecamatan Karangbinangun, Sa’im menyampaikan, relawan dari PDIP Lamongan memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri di Desa Blawi.

Di desa ini, relawan juga memberikan pendampingan program pemerintah berkaitan dengan distribusi bantuan seperti BPNT, BST, BLT dan lainnya, termasuk mendistribusikan bantuan sembako bagi masyarakat terpapar atau masyarakat yang benar-benar terdampak PPKM secara ekonomi.

“Seluruh pengurus tingkat ranting di tingkat desa, kami instruksikan untuk mencatat keluhan masyarakat, khususnya yang positif COVID-19. Data ini nantinya akan kita sampaikan ke Pemkab Lamongan, Satgas COVID-19 dan Rumah Sakit terkait. Kami akan mengawalnya sampai ada penanganan secara serius,” ucapnya.

Saim menjelaskan, program tersebut dilaksanakan partai yang membesarkan namanya secara serentak di seluruh Indonesia. Menurutnya, langkah yang dilakukan pihaknya sebagai upaya membantu pemerintah dalam mempercepat penanggulangan COVID-19 sesuai dengan perintah dari ketua umum.

“Kami juga terus berkordinasi dengan TNI, Polri dan Pemkab Lamongan terkait pelaksanaan vaksinasi. Dengan tujuan agar program vaksinasi berjalan lancar dan sukses, sehingga imunitas masyarakat meningkat,” tutur Sa’im Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan menanggapi adanya pembentukan Posko Pencegahan Covid-19 di 27 Kecamatan se-Kabupaten Lamongan. (*)

banner 468x60
  • Bagikan