Komitmen Wujudkan Infrastruktur Handal, Bupati Lamongan Realisasikan Program Jamula

  • Bagikan
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat meresmikan Jalan Tikung-Sumberkerep, bertempat di Desa Soko, Kecamatan Tikung, Lamongan, Jawa Timur, Kamis (23/12/2021), Foto : Prokopim Lamongan)

NOWTOOLINE, LAMONGAN – Bupati Lamongan Yuhronur Efendi benar-benar komitmen dan memberikan perhatian dalam mewujudkan dan merealisasikan program unggulan prioritasnya, yakni Jamula (Jalan Mantap Alus Lamongan)

Hal ini dibuktikan dengan diresmikannya Jalan Tikung-Sumberkerep, bertempat di Desa Soko, Kecamatan Tikung. Ini menunjukkan misi Pak Yes dalam mewujudkan infrastruktur handal dan berkeadilan Lamongan. Serta difokuskan pada peningkatan kepuasan layanan infrastruktur yang merata dan berkualitas.

“Saya senang, saya bangga, saya cukup puas dengan keadaan jalan yang seperti ini. Ini akan menjadi pilot project. Saya minta kepada Kepala Dinas PU Bina Marga Lamongan, besok kalau membangun jalan, standartnya harus seperti ini kontruksinya. Jalan Tikung-Sumberkerep ini memang sudah menjadi bagian dari perencanaan Jamula, dan tahun depan akan lebih banyak lagi yang akan kita bangun,” ucap Pak Yes, Kamis (23/12/2021).

Diungkapkan Pak Yes, terdapat 145 ruas jalan yang masuk dalam ruas jalan kabupaten sepanjang 742,14 km. Dari total tersebut sepanjang 439,90 km memiliki kondisi baik (59,27 persen), 161,07 km (21,70%) dalam kondisi jalan sedang, 48,28 km (6,15 persen) pada kondisi jalan rusak ringan), dan rusak berat sepanjang 92,89 km (12,52 persen).

“Jamula ini merupakan program diatas program prioritas. Akan terus ada di setiap tahunnya, kita semua bertekad agar jalan yang sekarang kondisinya rusak agar dapat diperbaiki. Memang harus bertahap, tidak bisa langsung semuanya selesai 742 km. Kualitas juga terus kita jaga, sementara ini memang kita lakukan pembangunan ditambah dengan pemeliharaan. Target 39 ruas yang akan dibangun di tahun 2022, khususnya jalan yang memang benar-benar rusak parah,” ujar Pak Yes.

Sebelum meresmikan Jalan Ruas Tikung-Sumberkerep, Pak Yes juga menyempatkan meresmikan SDN Soko juga meninjau produk UMKM di Desa Soko di Kecamatan Tikung.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Lamongan Sujarwo melaporkan bahwa program Jamula pada tahun 2021 terdapat 3 kegiatan yakni peningkatan jalan ruas Tikung-Sumberkerep, Karanglembang-Gendongkulon, Tunjungmekar-Sambopinggir.

Selain itu, menurut Jarwo, juga pemeliharaan berkala jalan kabupaten di 7 ruas, juga pemeliharaan rutin jalan sepanjang 76,37 km di wilayah utara, tengah, dan selatan. Ia juga melaporkan bahwa ruas jalan Tikung-Sumberkerep dengan status ruas jalan sebagai jalan kabupaten adalah 10,630 km, program peningkatan jalan di tahun 2021 ini sepanjang 5,5 km.

“Dimana ruas jalan tersebut melintasi Desa Wonokromo, Desa Soko, Desa Kelolarum, dan Desa Gintungan. Kontruksi jalan telah sesuai dengan standar spesifikasi umum Kemenpupr Dirjen Bina Marga. Ini membuktikan komitmen Bupati Lamongan dalam mewujudkan dan merealisasikan program unggulan prioritasnya, yakni Jamula,” terang Sujarwo.

  • Bagikan