banner 728x250

Melalui Tiga Pendekatan, Pemkab Lamongan Optimis Capai Target RPJMD

  • Bagikan
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat rapat paripurna dalam rangka saling menyampaikan pandangan umum terhadap enam Raperda, Senin (28/06/2021), Foto : Prokopim)

NOWTOOLINE, LAMONGAN – Dengan menggunakan tiga pendekatan yakni Benchmarking, proyek statistik dan expert judgement, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyatakan Pemkab Lamongan optimis, komitmen dan yakin dapat mencapai semua target RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dengan baik.

“Melalui tiga pendekatan tersebut dan pertimbangan aspek pengalaman dan penganggaran. Pemkab juga mempersiapkan antisipasi melalui evaluasi kinerja perangkat daerah yang akan dilaksanakan setiap semester guna mengetahui capaian dan strategi,” ujar Yuhronur Efendi saat rapat paripurna tahap ketiga DPRD Kabupaten Lamongan, Senin (28/06/2021).

banner 468x60

Dalam rapat paripurna tersebut, Pak Yes sapaan Yuhronur Efendi juga, menyampaikan jawaban dan tanggapan atas pendapat, pemikiran dan saran, serta pertanyaan atas Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  tahun  2021-2026 dan Raperda perubahan kedua atas Perda nomor 5 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Lamongan.

“Untuk Raperda perubahan kedua atas Perda nomor 5 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Lamongan. Kami mengapresiasi berbagai harapan fraksi agar menjadikan kinerja pemerintah lebih fokus, efektif dan signifikan,” katanya.

Pak Yes juga menanggapi berbagai persoalan penting seperti persoalan pembangunan infrastruktur, kemiskinan, fasilitas kesehatan, pelayanan publik, fasilitas pendidikan, hingga target dan capaian RJPMD lima tahun kedepan.

“Berbagai persoalan penting sebagaimana yang disampaikan berbagai Fraksi terhadap pemerataan infrastruktur, pemkab berkomitmen melalui program JAMULA. Sedangkan untuk penanganan kemiskinan pemerintah telah bersinergi dengan masyarakat dan dunia usaha dengan melakukan berbagai pendekatan,” ucapnya.

Lebih lanjut, ungkap Pak Yes, Pemkab juga akan melakukan pemerataan kualitas pendidikan, melalui peningkatan sarana prasarana, peningkatan kualitas guru hingga beasiswa bagi keluarga kurang mampu dan berprestasi.

“Sedangkan terhadap pelayanan kesehatan, pemerintah akan terus melakukan pemantauan berkesinambungan diseluruh puskesmas dan jaringannya,” akunya.

Sementara itu,  Juru Bicara DPRD Lamongan Imam Faddli mengungkapkan harapannya atas keempat Raperda inisiatif legislatif  dapat melahirkan karya, ide, maupun terobosan baru dalam mewujudkan Kejayaan Lamongan.

“Dengan disahkannya keempat Raperda ini, kami berharap dapat meningkatkan kinerja pemerintahan untuk menuju Kejayaan Lamongan. Kami juga menyampaikan terima kasih atas atas apresiasi pemerintah terhadap Raperda Inovasi Daerah, Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Pengentasan Kemiskinan dan Penyelenggaraan Alam dan Non Alam,” ucap Imam Faddli. ()

banner 468x60
  • Bagikan