banner 728x250

Meski Berat, Pemkab Terus Upayakan Zona Hijau Seluruh Kecamatan di Lamongan

  • Bagikan
Peta zonasi daerah seluruh kecamatan di Kabupaten Lamongan periode 27 September - 03 Oktober 2021, (Foto : IG Dinkes Lamongan for nowtooline)

NOWTOOLINE, LAMONGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan terus berupaya agar seluruh kecamatan berada di zonasi daerah hijau meskipun terasa berat. Buktinya saat ini 16 kecamatan berada di zona hijau, sedangkan lainnya berada di zona kuning.

Untuk diketahui bersama, zonasi daerah di Kabupaten Lamongan periode 27 September – 3 Oktober 2021 terdapat 16 (59,26 %) kecamatan di zona hijau dan 11 (40,74%) kecamatan di zona kuning. Untuk desa zona hijau 458, desa zona kuning 15 dan desa zona orange hanya 1 desa.

banner 468x60

“Ya, kita sudah berupaya bagaimana agar seluruh Kecamatan bisa berada di zona hijau. Tapi bukan tidak mungkin tapi rasanya berat. Karena zonasi bisa berubah bergantian kaitanya dengan kasus terkonfirmasi. Jadi yang yang terpenting bagaimana zona hijau itu makin bertambah banyak,” ujar Sekdakab Lamongan, Moh Nalikan, Senin (4/10/2021).

Upaya tersebut, ungkap Nalikan, salah satunya mempercepat tercapainya target herd immunity melalui vaksinasi baik dosis satu dan dosis dua. Ke depan, menurutnya, akan lebih baik walaupun mobilitas masyarakat Lamongan tinggi.

“Jumlah penduduk di Lamongan sekitar 1,3 juta jiwa dengan kewajiban vaksin 1,06 juta sasaran. Kalau dikroscek di lapangan nampaknya banyak dari warga masyarakat kita itu berada di luar kota,” katanya.

Perkiraan untuk mencapai 100 persen zona hijau seluruh kecamatan di Kabupaten Lamongan, Nalikan menyatakan, bukan tidak mungkin untuk mewujudkan tapi rasanya berat. “Mencapai 90% yang zona hijau itu sudah hampir bisa dikatakan 100%. Karena masyarakat Lamongan banyak yang berada di luar daerah,” tutur Nalikan.

banner 468x60
Penulis: AriandaEditor: P Bayu S
  • Bagikan