banner 728x250

Untung Bareng Koperasi, Ini Pesan Menteri Koperasi dan UMKM RI

  • Bagikan
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menyampaikan pesan dari Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki di Pendopo Lokatantra Lamongan, Jumat (13/8/2021), Foto : Yoyok Eko P/NOWTooline)

NOWTOOLINE, LAMONGAN – Selain berdampak pada kondisi sosial masyarakat dan sektor kesehatan, pandemi Covid-19 juga memberikan pengaruh terhadap salah satu badan usaha yakni koperasi. Untuk itu pada peringatan Hari Koperasi Nasional (HKN) ke-74 tahun ini, tagline yang diambil adalah Untung Bareng Koperasi.

“Tagline itu didasari semangat untuk membangun kesadaran masyarakat Indonesia bahwa koperasi memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat membacakan pesan dari Menteri Koperasi dan UMKM (Menkop UMKM) RI Teten Masduki, Jumat (13/8/2021).

banner 468x60

Dalam meningkatkan ekonomi anggotanya, Pak Yes membacakan pesan Menteri Teten Masduki, koperasi diharapkan bisa menjadi lembaga sosial dan lembaga pendidikan bagi anggota masyarakat.

Tak hanya itu, kata Pak Yes, bahwa pengembangan koperasi dihadapkan pada 3 deskripsi sekaligus yakni Distruksi Pandemi, Distruksi Demografi dan Distruksi Teknologi.

“Kalau Distruksi Pandemi lebih membuka pola aktivitas dan munculnya norma-norma baru. Distruksi Demografi itu struktur yang didominasi oleh generasi milenial, generasi z dan generasi alpha dengan total 64,69%. Sedangkan Distruksi Teknologi atau era revolusi industri 4.0 dengan kemudahan akses teknologi,” ucapnya.

Dalam menanggapi distruksi itu, lanjut Pak Yes, pemerintah telah merumuskan pengembangan ekonomi Indonesia dalam 5 tahun kedepan sebagaimana tertuang dalam RPJMN 2024.

‘Sehingga koperasi ditargetkan berkontribusi 5,5 persen terhadap PDB nasioanl dan terwujud 15 koperasi modern pada tahun 2024 nanti. Target tersebut adalah upaya rebranding koperasi sebagai entitas bisnis yang modern, kontributif dan kompetitif,” tuturnya.

Mengutip penggalan pidato bung Hatta pada hari koperasi tahun 1951 Segala Yang Bekerja Adalah Anggota Dari Koperasinya, Sama-Sama Bertanggung Jawab Atas Keselamatan Koperasinya, Makmur Koperasinya Makmurlah Hidup Mereka, Rusak Koperasinya Rusaklah Hidup Mereka Bersama.

Pak Yes mengajak untuk wujudkan koperasi di Lamongan lebih modern dan Untung Bareng Koperasi. “Bersama koperasi Indonesia UMKM naik kelas Indonesia maju,” ujar Pak Yes saat menyampaikan pesan dari Menteri Koperasi dan UMKM RI untuk memperingati Hari Koperasi Nasional Ke-74.

banner 468x60
  • Bagikan