banner 728x250

Ini Pesan Bupati Kepada YKI Cabang Lamongan, Karena Kanker Menjadi Kasus Kematin Cukup Besar

  • Bagikan
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat melantik pengurus baru Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Lamongan masa bakti tahun 2021-2024, Selasa (31/8/2021)

NOWTOOLINE, LAMONGAN – Kasus kematian akibat kanker cukup besar di Indonesia. Untuk itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Lamongan untuk terus melakukan pencegahan dini dan kewaspadaan dini dengan gencar melakukan edukasi terkait kanker kepada masyarakat.

“Pencegahan dini dan kewaspadaan dini yang dilakukan oleh yayasan kanker ini sungguh sangatlah tepat. Untuk terus memberikan satu wawasan, satu pengertian, satu pemahaman,” ujar Pak Yes usai melantik Kepengurusan YKI Cabang Lamongan di Pendopo Lokatantra Lamongan, Selasa (31/8/2021).

banner 468x60

Terlebih lagi, lanjut Pak Yes, apabila nanti YKI melakukan sebuah gerakan untuk terus memberikan pengertian kepada masyarakat agar terus melakukan kewaspadaan dini dalam penanggulangan kanker di Lamongan. “Yakni dengan memberi edukasi baik secara langsung maupun melalui media,” ucapnya.

Sesuai data dari WHO (World Health Organization), Pak Yes menyebutkan bahwa kasus  kanker di Indonesia sudah mencapai 396.914 kasus dengan total kematian 234.511, yang artinya lebih dari 60 persen kasus kematian telah terjadi di tahun 2020.

“Tertinggi dari kasus yang ada ini adalah kasus kanker payudara dengan 65.858 kasus baru, atau sekitar 16,6 persen, dan dari kasus itu 22.430 meninggal dunia,” katanya.

Selanjutnya, sambung Pak Yes, kanker serviks dengan 36.633 kasus atau sekitar 9,2 persen, kemudian kanker paru-paru, kanker hati dan kanker nasofaring/tenggorokan. “Rata-rata kasus ini diketahui setelah 70 persen dalam stadium lanjut,” tuturnya.

Kepengurusan YKI Lamongan masa bakti tahun 2021-2024 yang baru dilantik ini diketuai oleh Ibu Anis Kartikawati Yuhronur Efendi. Turut hadir dalam acara pelantikan, Sekretaris YKI Cabang Koordinator Jawa Timur, Ibu Gardjati Heru Tjahjono dan Ibu Ida Kardani, juga Konsultan Dokter Spesialis di YKI Lamongan dr. Supratikto, SpOG.

YKI sendiri merupakan organisasi nirlaba yang bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan, khususnya dalam upaya penanggulangan kanker.

Atas dilantiknya secara resmi pengurus baru tersebut, Pak Yes mengucapkan selamat dan sukses. Ia berharap agar kedepanya YKI Lamongan dapat terus melakukan langkah-langkah strategis  dalam operasionalnya.

“Dengan begitu masyarakat di Kabupaten Lamongan bisa semakin faham dan mengerti akan kewaspadaan dini terhadap penyakit atau kanker yang terjadi di Kabupaten Lamongan,” ujar Pak Yes, Bupati Lamongan usai resmi melantik YKI Cabang Lamongan.

banner 468x60
  • Bagikan