PDI Perjuangan Lamongan Berikan Sosialisasi dan Pelatihan Pengisian Aplikasi Sikadeka

Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan, Husen saat membuka sosialisasi dan pelatihan pengisihan aplikasi Sikadeka di kantor DPC, Selasa (19/12/2023), Foto : Arianda)

NOWTOOLINE, LAMONGAN – DPC PDI Perjuangan Lamongan menjadi partai politik (parpol) pertama di Kabupaten Lamongan yang menggelar sosialisasi dan pelatihan pengisian aplikasi Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye (Sikadeka).

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh seluruh calon legislatif (caleg) yang mengikuti kontestasi Pemilu 2024. Pelaksanaannya di kantor DPC PDI Perjuangan Lamongan, Selasa (19/12/2023).

Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan, Husen, S.Ag, M.Pd, menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan pemahaman kepada seluruh caleg terkait pentingnya pengisian Sikadeka.

“Ini juga bagian dari penerapan PKPU bahwa siapapun nanti yang terpilih oleh rakyat lalu menjadi anggota DPRD Kabupaten Lamongan, maka dirinya harus tuntas dalam melakukan pelaporan pada Sikadeka,” ujar Mas Husen.

Mas Husen menambahkan, Sikadeka itu terkait dengan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) atau terkait dengan RKDK (Rekening Khusus Dana Kampanye) yang itu oleh partai.

“Sehingga di sini nanti sinkron, bagaimana caleg menerima bekal materi pelaporan individu. Lalu laporannya ditujukan kepada partai. Kemudian oleh partai melaporkan ke KPU secara kolektif,” katanya.

Mas Husen berharap, kegiatan ini dapat membantu para caleg PDI Perjuangan untuk sukses dalam penyelenggaraan, target perolehan dan pelaporan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. “Nanti mungkin itu kalau tidak dilaporkan secara sistem KPU tidak akan memberikan rekom untuk dilantik,” tutur Mas Husen.

Sementara itu, Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah positif yang dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan Lamongan.

“DPC PDI Perjuangan Lamongan mengambil inisiatif untuk pertama kalinya bagaimana memberikan pemahaman terkait semua calonnya yang akan berkontestasi di Pemilu 2024 besok,” ujar Mahrus.

Mahrus menambahkan, kegiatan ini penting dilakukan agar nantinya tidak ada permasalahan-permasalahan terkait dana kampanye. “Sehingga nantinya tidak ada permasalahan baik mengenai bagaimana tentang sumbangan. Serta dana yang masuk itu berasal dari mana. Sehingga akan ada transparansi, baik dari teman-teman calon sendiri maupun kami yang di penyelenggara dalam menyampaikan data itu secara administratifnya,” katanya.

Di akhir, Mahrus menyampaikan apresiasi kepada DPC PDI Perjuangan Lamongan atas inisiatifnya menggelar kegiatan ini. “Kami apresiasi kepada DPC PDI Perjuangan Lamongan yang telah mengambil inisiatif untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan aplikasi Sikadeka,” ucap Mahrus, Ketua KPU Lamongan.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
Penulis: AriandaEditor: P Bayu S